Wednesday, November 26, 2014

Museum Rumah Adat Baanjuang

baanjuang1_1378096330.jpg
Museum Rumah Adat Baanjuang juga disebut sebagai Rumah Gadang oleh masyarakat minang. Selain berfungsi sebagai museum, bangunan ini juga membentuk rumah adat minang sehingga menciptakan kesan adat dan tradisional yang kental.
Museum Rumah Adat Baanjuang didirikan pada masa penjajahan Belanda yang bernama Mondelar pada tanggal 1 Juli 1935. Museum ini dikelola oleh Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Bukittinggi.
Museum ini didirikan dengan tujuan untuk menghimpun benda-benda sejarah dan budaya Tanah Minang. Dulunya museum ini bernama Museum Bundo Kanduang kemudian sesuai dengan Perda Kota Bukittinggi No. 5 tahun 2005 maka berganti nama menjadi Museum Rumah Adat Baanjuang.
Museum ini dibuat dengan bentuk Rumah Adat Tradisional kebudayaan Minangkabau, dengan anjungannya yang berada pada sisi kiri dan kanan rumah tersebut. Bangunan dengan bentuk rumah ini, meski sangat Sederhana, namun kesan yang di tampilkankan sangatlah berkelas, padahal atapnya hanya dari ijuk, dinding yang terbuat dari campuran kayu dan bambu, serta lantai yang berbahan dasar kayu.
Koleksi
Koleksi Museum Rumah Adat Baanjuang terdiri atas kelompok seperti etnografi, numismatik, dan biologi. Selain itu, disini juga terdapat beberapa replika peninggalan-peninggalan sejarah kebudayaan Minangkabau, dan juga beberapa binatang yang telah di awetkan setelah mereka mati untuk di jadikan pajangan. Binatang ini terlahir tidak normal karena beberapa anggota tubuhnya berlebih. Hal tersebut dapat dilihat pada koleksi binatang yang dipajang di vitrin. Ada kerbau berkepala dua, berkaki delapan, kambing yang bermuka dua. Binatang-binatang tersebut hidupnya tidaklan bertahan lama dan yang paling lama Cuma dua hari, setelah mati binatang ini diawetkan dan menjadi bagian dari koleksi museum ini.
Sarana
Bentuk bangunan berupa rumah tradisional yang memiliki anjuang kiri dan kanan dengan luas bangunan 2.798 m².
 Jln. Cindur Mato No.1, Pasar Atas, Bukittinggi, Sumatera Barat

0 comments:

Post a Comment

ads

ads