Wednesday, November 26, 2014

Museum Provinsi Kalimantan Tengah “Balanga”


Jl. Cilik Riwut  Km. 2,5
Kec. jekan Raya, Kota Palangkaraya  73112
Propinsi Kalimantan Tengah
Telp. 0536-3304106  Fax. 0536-3222991


Latar belakang
Sejarah pembangunan gedung museum diawali dengan berdirinya gedung Monumen Dewan Nasional pada tahun 1963 oleh Pemerintah Daerah Tingkat I Propinsi Kalimantan Tengah. Tahun 1966 sampai dengan tahun 1970 gedung ini mengalami kebakaran dua kali, bahkan kebakaran terakhir nyaris menghabiskan bangunan yang ada, dan pada tahun 1972/1973 dilakukan pemugaran di atas reruntuhan gedung lama dengan dana APBD Dati I Propinsi Kalimantan Tengah.
Pada tanggal 6 April 1973 Pemerintah Daerah Tingkat I Propinsi Kalimantan Tengah menentukan gedung baru sebagai museum daerah Propinsi Kalimantan Tengah dengan nama “Balanga”, sedangkan peresmian museum ini sendiri dilaksanakan pada tanggal 26 November 1990 oleh Bpk. GPH. Poeger. Pada saat itu museum “Balanga” merupakan UPT Dirjen Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Museum ini dibangun diatas tanah seluas 5 ha dengan gaya bangunan merupakan  perpaduan gaya tradisional dayak dan modern.
Setelah ditetapkannya Undang-undang tentang Pemerintah Daerah, pengelolaan museum “Balanga” diserahkan kepada pemerintah daerah propinsi Kalimantan Tengah di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Landasan pembentukan organisasi dan tata kerja museum Propinsi Kalimantan Tengah adalah Keputusan Gubernur Propinsi Kalimantan Tengah nomor 173 tahun 2001, dan  diperbarui dengan Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah no. 64 tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja UPT museum Balanga Kalimantan Tengah dan anjungan Kalimantan Tengah Taman Mini Indonesia Indah dimana museum saat ini berada dibawah  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Kalimantan Tengah.
Website ini sebagai sarana untuk memberikan informasi juga promosi tentang Museum Balanga Palangkaraya Kalimantan Tengah, agar lebih dikenal sampai ke belahan dunia lainnya. Dengan harapan pula banyak para wisatawan asing maupun domestik akan datang dan berkunjung.
Lebih jauh, diharapkan agar para peneliti baik Indonesia maupun luar negeri untuk mengadakan penelitian tentang Museum Balanga Palangakraya Kalimantan Tengah yang merupakan salah satu kebanggaan masyarakat dayak, Kalimantan Tengah. Karena koleksi Museum Balanga merupakan salah satu kekayaan bangsa Indonesia yang tak ternilai harganya.
Belum lagi, koleksi perpustakaan yang menyimpan ribuan karya sastra asli putra bangsa Indonesia, sehingga merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kita semua mempunyai Museum Balanga. Website Museum Balanga ini dipersembahkan bagi masyarakat Kaliamntan Tengah pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

0 comments:

Post a Comment

ads

ads