Thursday, November 27, 2014

Bandahara

Indonesia memang dikarunia keindahan alam yang luar biasa yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha esa, Salah satu keindahan yang terpampang sampai dengan detik ini adalah banyaknya pegunungan yang tersebar dari Sabang sampai dengan Merauke di Indonesia. 
Seperti Gunung Bandahara yang berada di ujung Provinsi Aceh ini adalah sebuah gunung yang terdapat di Kab Gayo Lues di Provinsi NAD ( Nanggroe Aceh Darussalam. Dengan jarak dari kota Blang Kejeran ibukota Kab Gayo Lues sekitar 50 ke arah tenggara - timur, sedangkan jarak dari kota Kutacane ibukota Kab Aceh Tenggara sekitar 35 km arah utara - barat laut serta di Gunung Bandahara terdapat tanaman endemik Sumatra yang hanya ada di Gunung Bandahara yang bernama Nepenthes diatas (kantong semar)

Nepenthaceae adalah salah satu tanaman yang hanya ada di Gunung Bandahara. Nepenthaceae merupakan suku kantung semar - kantung semaran atau Nepenthaceae adalah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Menurut Sistem klasifikasi APG II suku ini dimasukkan ke dalam bangsa Caryophyllales, klad dikotil inti (core eudicots) namun tidak termasuk ke dalam dua kelompok besar, rosids dan asterids. Suku ini hanya memiliki satu marga tunggal, yaitu Nepenthes.

Gunung Bandahara merupakan sebuah gunung tidak berapi  yang memiliki ketinggian 3012 meter, atau setara dengan 9882 kaki.Untuk transportasi menuju kesana tidak sulit dikarenakan masih banyaknya bis - bis yang beroperasi dari Kab Gayo Lues maupun Kab Aceh Tenggara akan tetapi sampai dengan jam 5 sore saja, untuk itu kita harus pintar-pintar dalam hal menyiasatinya agar nantinya kita tidak terbengkalai apabila tidak  ada transportasi yang beroperasi setelah jam 5 sore pada saat kita berangkat menuju Gunung Bandahara. 

Pemandangan di gunung ini, sangat indah dengan udara yang sangat sejuk serta derasnya aliran air yang jernih membuat setiap pengunjung merasakan nyaman dan tenang setiap berada disana. (VP)

0 comments:

Post a Comment

ads

ads