Wednesday, November 26, 2014

Museum Perjuangan Rakyat Kalimantan Selatan “Waja Sampai Kaputing Banjarmasin”

Museum Perjuangan Rakyat Kalimantan Selatan ‘Waja Sampai Kaputing’ (Museum Wasaka) didirikan atas prakarsa Gubernur KDH Tingkat I Kalimantan Selatan. Gagasannya mendapat dukungan dari para pejuang, budayawan, seniman, sejarawan, dan masyarakat umum di Kalimantan Selatan.

Untuk merealisasikan pendirian museum maka pada 1989 dibentuk tim untuk melaksanakan kegiatan benda-benda bersejarah yang pernah digunakan oleh pejuang Kalimantan Selatan di masa Perang Banjar, masa kolonial Belanda, masa Jepang, dan masa revolusi fisik.
Museum ini menempati bangunan rumah adat Banjar Bubungan Tinggi (Rumah Banjar Baanjung). Pada 10 November 1991 museum ini diresmikan oleh Gubernur KDH Tingkat I Kalimantan Selatan Ir. H.M. Said.

KOLEKSI

Koleksi museum baru terbatas pada benda-benda bersejarah yang digunakan para pejuang pada masa revolusi fisik. Di antaranya foto-foto, kepala perahu, jimat, peta lokasi pertempurtan, senjata tradisional, senjata api, pakaian, dan perlengkapan penunjang yang digunakan oleh para pejuang.

ALAMAT

Jalan Sultan Adam Kompleks Haji Andir,
Kampung Kenanga Ulu RT 14,
Kelurahan Sungai Jinah, Kecamatan Banjarmasin,
Kalimantan Selatan

0 comments:

Post a Comment

ads

ads