Wednesday, November 26, 2014

Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia



polri_ruang.jpg
MUSEUM KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA

Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia
Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan museum semi modern yang dimiliki Kepolisian Negara Republik Indonesia saat ini. Dengan desain bangunan tahun 70-an ditambahi jendela-jendela modern menambah kesan klasik modern dengan desain interior mendasari konsep galeri. Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia menawarkan penelusuran sejarah kepolisian Negara Republik Indonesia melalui sentuhan galeri sehingga tanpa terasa membawa para pengunjung pada alam kepolisian masa lalu hingga masa kini. Warisan-warisan kekayaan Kepolisian Negara Republik Indonesia disajian untuk anda. Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah Museumku.
Ruang Koleksi dan PeristiwaTugas kepolisian yang khas, memerlukan alat peralatan yang khas dalam tugas. Alat peralatan tersebut merupakan koleksi Kepolisian Negara Republik Indonesia khususnya dalam melakukan penegakan hukum. Koleksi peralatan tersebut memberikan gambaran bagaimana perkembangan teknologi dalam mendukung, membantu dan dimanfaatkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk menjalankan tugas pokok.
Dalam ruang ini akan dipamerkan berbagai koleksi peralatan utama dan alat bantu utama Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam menjalankan tugas.
Ruang SejarahKonsep lembaga kepolisian dalam tatanan kenegaraan telah ada sejak masa lampau. Dalam perkembangannya Kepolisian Negara Republik Indonesia mengalami perubahan seiring dengan perjalanan bangsa dan negara Indonesia. Namun identitas Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai salah satu aparatur pemerintah pelayan, pelindung, dan penegak hukum tidak pernah dan tidak akan pernah lekang oleh waktu. Karena tugas dan pekerjaan polisi selalu ada dan diperlukan oleh masyarakat serta Kepolisian Negara Republik Indonesia terus dan harus terus meningkatkan kemampuan teknis profesi tanpa henti untuk menghadapi perkembangan keadaan.
Hall of FamePasang surut Kepolisian Negara Republik Indonesia juga dipengaruhi dengan gaya kepemimpinan dan kepribadian pemimpinnya. Sikap dan pribadi pemimpin dalam memimpin merupakan hal yang dapat dipelajari dan dianalisis untuk dimanfaatkan pada generasi penerus. Budaya, tradisi, kebiasaan, peraturan, dan kebijakan senantiasa mempengaruhi dan menjadikan seorang pemimpin menjadi unik dan khas.
Hall ini didedikasikan kepada para mantan pimpinan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan disajikan gambaran para pemimpin Kepolisian Negara Republik Indonesia yang telah banyak memberikan warna untuk Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Ruang KepahlawananTidak banyak yang dapat memahami kehidupan seorang polisi dalam kesehariannya. Cakupan area tugas dan berbagai macam tantangan yang dihadapi secara langsung dan tidak langsung akan membentuk karakter yang khas seorang polisi. Semua itu tidak diketahui, yang ada hanya "dimana polisinya?" saat masyarakat memerlukan tugas-tugas kepolisian.
Pada ruang ini akan diperlihatkan suka duka seorang polisi yang bertugas pada area-area yang tidak banyak orang mengharapkannya.
Ruang Simbol dan KesatuanSimbol dan Kesatuan adalah merupakan suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Simbol merupakan atribut yang menandakan seseorang berada pada suatu status tertentu yang dapat menjadi kebanggaannya dan didapat dari suatu perjuangan dan usaha.
Sedangkan Kesatuan merupakan kumpulan orang yang melaksanakan tugas yang sama untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam site ini disajikan bermacam pangkat dan lambang kesatuan serta pakaian seragam termasuk atributnya dari masa ke masa.
Ruang Penegakan HukumPerkembangan kejahatan sejalan dengan perkembangan masyarakat itu sendiri. Semakin tinggi peradaban masyakarat maka akan semakin tinggi modus operandi tindak kejahatan itu sendiri. Berbagai bentuk kejahatan yang terjadi dalam masyarakat (kejahatan internasional, kejahatan sosial, terorisme, dan sebagainya) akan disajikan dalam ruang ini.
Digambarkan juga bagaimana Kepolisian Negara Republik Indonesia menanggapi setiap kejahatan yang sangat mengganggu dan merugikan masyarakat.
Kids Corner
Ruang ini diperuntukkan kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa dan negara. Pengenalan sejak dini pada anak-anak tentang tugas dan fungsi Kepolisian Negara Republik Indonesia dilakukan dengan cara yang menyenangkan.
Anak-anak akan dibawa dalam alam seakan mereka menjadi petugas polisi sungguhan, menjadi penyidik (detektif), petugas Samapta, petugas patroli. Melakukan pencarian jejak, petunjuk dan mencoba belajar menjadi seorang penyidik.
Disamping itu masih banyak permainan interaktif lainnya, buku-buku pengetahuan dan aktivitas bermain sambil belajar lainnya.
Sumber: Brosur 'Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia'

Alamat:
Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia (Museum Polri)

Jl. Trunojoyo No. 3
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
Telp. 021 721 0654

0 comments:

Post a Comment

ads

ads