Wednesday, November 26, 2014

Museum Pahlawan Nasional Dr. A.K. Gani

ak1_1379302069.JPG
Dr. A.K. Gani adalah seorang pemimpin dan pejuang pada masa kemerdekaan yang berasal dari Palembang. Perjuangannya telah dirintis sejak berusia 18 tahun. Pada tahun 1923 bergabung pada organisasi Jong Sumatera Bond (Pemuda Sumatera). Ia juga turut andil dalam mengikrarkan “Sumpah Pemuda” pada tahun 1928.
Dr. A.K. Gani sebagai Pahlawan Rakyat, pemimpin perjuangan melawan penjajah Belanda dan Jepang. Sebagai pejuang setelah mendengar diproklamasikan RI Merdeka, beliau dengan sigapnya merealisasikan proklamasi tersebut di daerah Palembang, Lampung, Bengkulu, Jambi, dan Bangka Belitung, yang selanjutnya sampai seluruh pulau Sumatera.
Dr. A.K. Gani juga memperkasai terbentuknya BPKR (Badan Penjaga Keamanan Rakyat) dan Menjadi BKR (Badan Keamanan Rakyat) setelah itu menjadi TRI (Tentara Republik Indonesia) dan akhirnya menjadi TNI (Tentara Nasional Indonesia)
Untuk mengenang jasa dan pengabdian Dr. A.K. Gani kepada bangsa dan negara maka keluarga Dr. A.K. Gani, melalui Yayasan H.J.R.A. Masturah A.K.Gani mendirikan sebuah museum sebagai tempat untuk mengumpulkan, melestarikan dan memamerkan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan kehidupan Dr. A.K. Gani.

KOLEKSI

Koleksi museum ini antara lain berupa bintang jasa, piagam, surat-surat keputusan, foto-foto perjuangan, cenderamata, peralatan rumah tangga, peralatan kantor, buku-buku referensi pribadi, dan mobil jeep.

ALAMAT

Jalan Mp Mangkunegara No. 1,
Sukamaju Sako, Palembang 30168,
Sumatera Selatan
Telepon 0711-824046

0 comments:

Post a Comment

ads

ads