Sunday, December 21, 2014

gunungBuntu Kabobong

Buntu Kabobong, buntu (Bahasa duri) = gunung, kabobong (bahasa duri) = alat kelamin wanita, sehingga buntu kabobong berarti gunung yang berbentuk alat kelamin wanita. Terletak di Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan 260 km arah utara Kota Makassar. 7 km dari rumahku. Objek wisata ini sebenarnya bukan gunung tapi bukit yang jika diperhatikan secara seksama menyerupai alat kelamin wanita. Semasa sekolah di sma dulu, saya dan teman - teman sering ke tempat ini sepulang dari kegiatan ekstrakurikuler sekolah di sore hari. Sekalian melatih Bahasa Inggris dengan para turis yang hendak melancong ke Tanah Toraja. Sangat mudah untuk ke sana, cukup naik kendaraan melalui jalan poros Makassar - Tana Toraja. Di pinggir jalan itulah kita dapat secara langsung menatapnya dari atas. Kalau cuaca lagi hujan atau terik matahari kita dapat berteduh di warung - warung, kafe, dan villa yang terdapat di sepanjang jalan.
Bukit inilah salah satu ikon kabupatenku, bukit yang hijau, cuaca yang sangat sejuk karena di pegunungan. Di tambah pula aliran sungai yang mengalir di kaki bukit Buntu Kabobong menambah cantik panorama.
Banyak versi tentang mitos asal mula terjadinya bukit yang erotis ini. Salah satunya dari guru geografi sma ku. Pada zaman dahulu kala terkisahlah dua pemuda dan pemudi yang dilanda asmara. Keduanya di maduk cinta sehinggga terjadilah perbuatan yang tidak senonoh di antara keduanya. Perbuatan mereka diketahui oleh seluruh masyrakat, sehingga mereka berdua diusir dari perkampungan. Dalam perjalan mereka ke arah selatan, si pemudi sangat menyesali apa yang telah ia lakukan. Si pemudi pun mencabut alat kelaminnya dan membuangnya ke arah timur. Dan JENG..JENG….!!!!! terbentuklah sebuah bukit yang berbentuk alat kelamin wanita.
Jangan lupa kalau hendak berwisata ke Tanah Toraja untuk sejenak singgah di objek wisata ini. Tipsnya berangkatlah pada pagi hari dari Makassar sehingga tepat sampai di Buntu Kabobong pada sore hari. Ngomong - ngomong mirip ngga yaah bukit itu dengan alat kelamin wanita???, soalnya aku kan belum beristri jadi belum punya referensi.

0 comments:

Post a Comment

ads

ads